Pages

Pengenalan IP Adress

IP Address (Internet Protocol Address) merupakan salah satu protokol yang berada pada Network Layer dalam TCP/IP yang digunakan untuk pengalamatan perangkat jaringan agar dapat berkomunikasi dengan perangkat jaringan lainnya. Bisa di umpamakan seperti ketika anda menggunakan pesawat telepon, untuk dapat berkomunikasi, tiap pesawat telepon menggunakan nomor telepon yang unik atau tidak mungkin sama dengan nomor telepon lainnya sebagai pengalamatan. Begitu juga dengan komputer di dalam jaringan, untuk dapat terhubung dengan komputer lain, maka IP address lah yang digunakan sebagai pengalamatan.

IP address ada 2 versi, IP  version 4 (IPv4) dan IP version 6 (IPv6). Yang saya bahas disini adalah IPv4. Untuk IPv6 akan dibahas di lain kesempatan.

IPv4 memiliki panjang 32-bit dan di notasikan dalam bentuk desimal yang dibagi ke dalam 4 oktet, dimana tiap oktet dengan panjang 8-bit dipisahkan dengan tanda titik (.) dengan jangkauan 0-255. Berikut contoh IPv4 yang paling  umum digunakan :


Jika IP diatas direpresentasikan kedalam bentuk biner :


IPv4 memiliki 3 jenis pengalamaatan, yaitu :
Unicast Address, digunakan dalam komunikasi point-to-point / one-to-one. Jika sebuah host mengirimkan paket menggunakan alamat unicast sebagai destination address, maka paket tersebut ditujukan ke host pemilik destination address tersebut.
Alamat unicast terbagi kedalam dua jenis, yaitu :
  • IP Private, merupakan IP yang hanya digunakan untuk jaringan internal (intranet). IP ini tidak akan diteruskan ke internet.
  • IP Public, merupakan alamat global yang dibutuhkan untuk komunikasi internetwork (internet). IP publik disediakan oleh lembaga IANA (Internet Authorized Numbering Association) jadi penggunaannya sangat terbatas karena setiap node di seluruh dunia tidak boleh menggunakan IP publik yang sama.
Multicast Address, digunakan untuk komunikasi one-to-many, artinya jika sebuah host mengirim paket ke alamat multicast maka router akan menujukan paket ke sekumpulan host yang berada di dalam multicast group. Dengan multicast address, pengiriman paket akan menjdi lebih efisien karena hanya mengirimkan cukup satu paket dari source ke beberapa destination host.
Broadcast Address, digunakan untuk komunikasi one-to-everyone dimana paket ditujukan ke semua host yang berada di dalam broadcast domain.

IPv4 di kelompokan ke dalam kelas-kelas yang merepresentasikan jumlah maksimal ip yang dapat digunakan oleh host atau perangkat jaringan lainnya dan berikut pembagiannya :
  • Kelas A.
    Oktet pertama diisi dengan angka 0.x.x.x - 127.x.x.x sehingga dapat digunakan oleh jumlah host yang sangat besar. Slot untuk IP privat nya adalah 10.x.x.x dan khusus untuk 127.0.0.1 tidak bisa digunakan sebagai IP publik karena IP ini hanya digunakan sebagai loopback address.
  • Kelas B.
    Oktet pertama diisi dengan angka 128.x.x.x - 191.x.x.x sehingga jumlah host tidak sebesar IP kelas A. Slot untuk IP privat nya adalah 172.16.x.x - 172.31.x.x.
  • Kelas C.
    Oktet pertama diisi dengan angka 192.x.x.x - 223.x.x.x untuk jumlah host yang tidak terlalu banyak. Slot untuk IP privat nya adalah 192.168.x.x.
  • Kelas D.
    Oktet pertama diisi dengan angka 224.x.x.x - 247.x.x.x. Alamat ini hanya digunakan untuk keperluan multicasting.
  • Kelas E.
    Oktet pertama diisi dengan angka 248.x.x.x - 255.x.x.x. Disediakan sebagai alamat yang bersifat "eksperimental" atau percobaan dan dicadangkan untuk digunakan pada masa depan.





0 comments:

Post a Comment